Jumat, 05 Agustus 2011

The Champ, Film Tersedih Sepanjang Masa Menurut Ilmuwan

0





Gistink.Info - Menurut komunitas ilmiah, film paling sedih sepanjang masa adalah The Champ, hasil karya sutradara Franco Zeffirelli pada tahun 1979.

Film tersebut berkisah tentang seorang petinju tua yang mencoba untuk melakukan comeback ke dunia tinju. Namun The Champ tidak (belum) dianggap sebagai film klasik. Rotten Tomatoes hanya memberikan rating 38 persen dalam kategori film klasik.

Tapi klimaks dari film itulah yang menjadi pusat perhatian para ilmuwan. Dalam adegan di mana Rick Schroder, 9, menangisi kematian ayahnya (diperankan oleh Jon Voight), telah lama digunakan oleh para ilmuwan dalam studi tentang kesedihan.

Menurut Richard Chin dari Smithsonian Magazine, The Champ pertama kali digunakan untuk tujuan ilmiah oleh psikolog peneliti Robert Levenson dan James Bruto dari University of California, Berkley, pada tahun 1988. Mereka berusaha menemukan adegan film yang hanya menimbulkan satu emosi pada satu waktu.

Setelah meninjau ratusan film lain dan menjalankan tes pada lebih dari 500 sukarelawan sarjana, Levenson dan Gross menemukan bahwa adegan dari The Champ menimbulkan kesedihan secara eksklusif lebih sering daripada film lainnya yang mereka putar.

Sejak Levenson dan Gross menerbitkan temuan mereka pada tahun 1995, adegan berdurasi tiga menit dari The Champ tersebut telah dikutip di lebih dari 300 artikel ilmiah dan telah digunakan oleh para ilmuwan lain, sebagai cara manusiawi untuk membangkitkan kesedihan dalam subjek tes, untuk berbagai penelitian, termasuk hal-hal seperti pengujian kemampuan komputer untuk mendeteksi emosi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting